Minggu, 10 Februari 2013

PUASA 3 HARI PADA SETIAP BULAN

PUASA BULAN RAJAB


Puasa yang satu ini bisa dirutinkan pada setiap bulannya. Setiap bulan minimal ada tiga hari berpuasa. Dan lebih utama jika dilakukan di pertengahan bulan yaitu pada tanggal 13, 14 dan 15 Hijriyah. Puasa ini juga disebut dengan puasa Ayyamul Bidh. Disebut dengan ayyamul bidh karena pada malam tersebut terlihat bersinar putih disebabkan oleh bulan purnama yang muncul ketika itu.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati yaitu berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat Dhuha, dan mengerjakan shalat witir sebelum tidur.  
(HR.Bukhari no. 1178).

NIAT PUASA 3 HARI PADA SETIAP BULAN ATAU AYYAMUL BIDH

Adapun terkait niatnya, maka cukup dengan berniat didalam hati untuk melakukan puasa ayyamul bidh atau puasa tiga hari dipertengahan bulan seperti yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW.
Niat puasa ayyamul bidh yaitu: Nawaitu shauma ghodiin an ada'i sunnatun ayyamil Biidh lilahi ta'ala
Artinya : saya niat berpuasa sunah hari putih karena Allah Ta'ala


“Dari ‘Abdulloh bin ‘Amr bin al-‘Ash radhiallohu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasa tiga hari setiap bulan seperti berpuasa setahun penuh”( HR.al-Bukhari 1878 dan Muslim 1159 ). Hikmah yang dapat kita ambil dari hadist ini ialah:
1.       Pada setiap kurun waktu waktu yang dilalui manusia, Allah azza wa jalla menetapkan musim-musim kebaikan, dan Dia azza wa jalla mensyariatkan padanya ibadah dan amal shaleh untuk mendekatkan diri kepada-Nya (Lathaiful Ma’arif hal.19-20)
2.       Pahala perbuatan baik akan dilipatkan gandakan menjadi sepuluh kali (HR.al-Bukhari 42) karena puasa tiga hari pahalanya dilipatkangandakan sepuluh kali menjadi tiga puluh hari atau satu bulan maka kalau ini dikerjakan setiap bulan berarti sama dengan berpuasa satu tahun penuh.( asy-Syarhul Mumti’ 3/97 dan Bahjatun Nazhirin 2/390)
3.       Keutamaan berpuasa ini lebih dikuatkan dengan perbuatan Nabi SAW sendiri, sebagaimana yang diriwayatkan oleh istri beliau yaitu Aisyah radhiyallahu ‘anha.( HR.Muslim 1160)
4.       Demikian pula lebih dikuatkan dengan wasiat Nabi SAW  kepada beberapa sahabatnya untuk melakukan puasa ini, seperti kepada Abu Hurairah dan Abu Dzar radhiyallahu ‘anhuma.( HR.al-Bukhari 1124, Muslim 721 dan HR.Muslim 722)
5.       Hadits ini juga menunjukkan keutamaan amal ibadah yang dikerjakan secara kontinyu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Amal ibadah yang paling dicintai Allah adalah amal yang paling kontinyu yang dikerjakan meskipun sedikit.( HR.al-Bukhari 6099 dan Muslim 783)

FAEDAH PUASA 3 HARI PADA SETIAP BULAN
1.       Menghidupkan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
2.       Memberi istirahat pada anggota badan setiap bulannya.

Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

12 komentar:

  1. Artikelnya bermanfaat buat saya, visit juga ya http://surat-hud.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat.. terima kasih..
    tp mau nanya mba'..
    apa puasanya harus 3 hr berturut-turut? mksd saya d tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulannya (tahun hijriah),,
    bagaimana kalau kt mngerjakannya hanya dlm 2 hr saja,, mslnya hnya d 14 dan 15 saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum sodara. Puasa hari putih adalah sunah jadi intinya kamu kerjakan dpt pahala klu tdk dikerjakan tdk mengapa. Mau dpt pahala penuh atau setengah atau tdk sama sekali? Tdk ada paksaan wassalam

      Hapus
    2. Dan harus di lakukan 3 hari berturut-turut, kalau tidak berturut-turut namanya sudah lain bukan puasa yaummul bidh.

      Hapus
  3. Semoga kita diberi kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT, lebih-lebih lagi dalam menjalankan amalan-amalan sunnah. Salam silaturrohmi, semoga dengan bersilaturrohmi kita bisa berbagi manfaat buat sesama Keutamaan Amalan Sunnah Di Bulan Muharram

    BalasHapus
  4. Bolehkah tgl ayyamul bidh diganti tgl lain karena setiap tgl trsebut datang udzur. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Besok saatnya kita melaksanakan shaum ayyamul bidh :)
    Kira2 nnti mmbatalkan nya pake bacaan niat apa??

    BalasHapus